Resep Atau Cara Membuat Kue Donat Enak dan Renyah

RakyatBugis.Com - Cara membuat donat yang enak dan renyah. Selamat malam, pada kesempatan ini admin Rakyat Bugis kembali membagikan artikel seputar resep-resep kue yakni resep atau cara membuat kue donat yang enak dan renyah.
cara membuat donat
Anda juga bisa membaca resep lainya pada postingan sebelumnya seputar Cara membuat nasu palekko khas Sidrap dan Cara membuat songkolo bagadang khas Makassar.

Bentuk yang khas kue donat adalah bulat dan memiliki lubang di tengahnya. Teksturnya lembut ditambah lagi aneka topping yang mendorong penikmat kue donat untuk mencari resep bagaimana cara membuat donat yang enak.

Meski kue donat populer di Amerika Serikat, namun kue donat pertama kali dibuat di Belanda pada abad ke 19.

Nah, daripada penasaran dengan rasa kue donat, berikut langkah-langka bagaimana cara membuat kue donat yang enak.

Umumnya resep kue donat terbuat dari tepung terigu, ragi, telur, mentega dan juga gula. Namun, saat ini tak jarang banyak juga yang menambahkan kentang kukus kedalam adonannya.

Cara Membuat Donat

Bahan-bahan Membuat Donat Goreng Ragi :
  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Air hangat 250 mili liter
  • Gula pasir 5 sendok makan
  • Kuning telur 2 butir
  • Margarin 100 gram, cairkan, dinginkan
  • Ragi instant 6 gram
  • Susu bubuk 2 sendok makan (saya gunakan susu bubuk Dancow)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula halus secukupnya untuk taburan
Cara Membuat Donat Empuk Tahan Lama :
  1. Siapkan wadah, kemudian masukkan 250 ml air hangat, 5 sendok makan terigu, ragi dan juga 5 sendok makan gula pasir. Aduk searah jarum jam perlahan-lahan dengan sendok sampai adonan larut.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, apabila tepung sudah masuk kira-kira setengah dari ukuran, masukkan satu persatu telur, susu bubuk, dan juga margarin. Aduk rata lagi dan tambahkan sisa tepung sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket lagi.
  3. Uleni adonan sampai kalis elastis, lalu tutup dengan plastik wrap, dan diamkan sampai adonan mengembang 2 kali lipat kira-kira selama 45 menit.
  4. Langkah berikutnya kempeskan adonan, lalu uleni sebentar, dan diamkan lagi sampai mengembang.
  5. Bentuk donat sesuai selera, bisa menggunakan cetakan donat atau bisa juga bentuk donat secara manual dari donat lubang tengah berbentuk cincin atau donat berbentuk bundar tanpa isi atau bisa juga diberi isi dengan rasa manis seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, cokelat dan juga custard.
  6. Panaskan minyak yang cukup banyak, lalu goreng donat dengan menggunakan api kecil sampai kuning keemasan.
  7. Angkat, tiriskan dan sajikan donat dengan gula harus atau topping lainnya sesuai selera seperti parutan keju atau meises coklat / warna-warni.
Cukup mudah bukan cara membuat kue donat yang enak dan renyah serta tahan lama.

Sedikit tips cara membuat donat agar tidak terlalu banyak menyerap minyak, jangan terlalu sering membolak balikkan kue donat ketika proses menggoreng.

Cukup satu kali saja, jadi jika bagian pinggir sudah kuning keemasan baru balik donat dan goreng sampai satu sisinya lagi matang.

Demikianlah cara membuat donat yang enak dan lezat, jangan lupa bantu share ya.

Belum ada Komentar untuk "Resep Atau Cara Membuat Kue Donat Enak dan Renyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel