Select Menu

Slider

Sidrap

Tradisi

Wisata Budaya

Sejarah

Pendidikan

Makassar

Videos

» » Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Anak
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Rakyat Bugis. Kadang saluran pernapasan bayi dipenuhi oleh lendir, alias dahak. Napasnya yang semula tenang, berubah menjadi grok grok grok. Untuk itu, diperlukan cara untuk mengeluarkan dahak dan lendir bayi.

Sebenarnya, ada cara praktis untuk mengeluarkan dahak bayi, berikut caranya:

  • Saat tidur posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badan, sehingga lendir lebih mudah dikeluarkan.
  • Posisi tidur tengkurap juga bagus, karena posisi saluran napas bayi jadi lebih rendah hingga lendir pun akan turun ke arah mulut.
  • Pastikan suhu dalam ruangan bayi hangat sehingga memudahkan lendir keluar.
  • Jika bayi tidak mengalami alergi, berikan penghangat tambahan seperti minyak telon, balsem bayi, yang kita balurkan di dada, leher, dan punggung. Bayi pun hangat dan lendir pun lebih mudah diusir.
  • Baik jika setiap pagi, bayi kita jemur di bawah sinar matahari pukul 07.00—08.00, selama 10 menit.
Bisa juga kita lakukan : Letakkan bayi dalam posisi tengkurap lalu tepuk-tepuk punggungnya, posisikan bayi miring kanan - kiri lalu tepuk-tepuk dada sampingnya . Kalau lendir/dahaknya banyak, biasanya bayi akan muntah. Atau, bisa juga lendir luluh lalu masuk saluran pencernaan dan terbuang lewat kotoran. Tapi ingat, lakukan cara ini sebelum bayi minum—makan apa pun.

Jika hidungnya tersumbat berikan tetes hidung dengan cairan garam fisiologis. Bila belum ada perbaikan, kita bisa mengikutkannya fisioterapi/terapi inhalasi. Dengan cara ini, bayi akan diuap sehingga lendir menjadi cair, lendir yang lengket di paru ataupun di saluran pernapasan dan makan akan luluh, lalu lendir keluar dari tubuh dengan cara dibatukkan atau lewat fases. Tapi jika tak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Dan untuk cara yang satu ini, bisa anda lakukan untuk mengeluarkan lendir atau dahak balita dengan dengan bantuan saudara, nenek, atau suami :) ...

Berikut ini ada cara yang mampu mengeluarkan dahak Balita, seperti dilansir dari Sukan Star TV oleh Azura Hishamudin :
Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Anak
  1. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom bersih, lalu tuangkan air panas mendidih ke dalam baskom berisi minyak tadi (gambar 1).
  2. Untuk perbandingan antara air panas yang dituangkan dengan minyak kayu putih dapat Anda kira-kira sendiri. Usahakan air panas yang ditambahkan tidak terlalu banyak, sehingga aroma kayu putih dapat keluar.
  3. Uapkan wajah anak Anda dalam keadaan tengkurap (gambar 2)
  4. Hal ini bertujuan agar Balita Anda dapat menghirup uap dari minyak kayu putih yang kita tambahkan air panas. CATATAN PENTING : JAGA TANGAN ANAK ANDA! JANGAN SAMPAI DIA MERAIH ATAU MASUK DALAM AIR PANAS ..
  5. Tepuk-Tepuk punggung Sisi Kiri dan Kanan Balita Anda, guna Teknik Cupping (gambar 3)
  6. Jangan tepuk di tengah-tengah punggung Balita Anda. Kenapa kiri dan kanan punggung saja tidak menepuk di tengah punggung? Karena bila kita tepuk kiri dan kanan punggung anak, kita menepuk area paru-paru anak .. dan di tengah punggung itu tulang rusuk syaraf pusat. Tepuk secukupnya jangan terlalu keras. Saat inilah anak Anda akan meronta-ronta minta dilepaskan. Dia akan menjerit atau menangis. Saat seperti ini memang terkadang membuat Anda selaku orang tua tidak tega. Tapi ini cara yang aman alami dan untuk kesehatan buah hati kita.
  7. Setelah 5 – 10menit, akan keluar lendir dahak dari hidung si kecil (gambar 4)
  8. Lendir dahak akan keluar sampai berbalon-balon dari hidung Baita Anda. Itulah hasil dahak yang dikeluarkan dari hidung. Setelah itu bersihkan dengan tisu dahak yang keluar tersebut. Kemudian oleskan minyak kayu putih dan bawang putih di tapak kaki serta punggung Balita Anda. Setelah itu pernapasannya pun akan mulai sedikit lega dan tersenyum serta akan nyenyak tertidur.
Jika berlebihnya lendir karena infeksi virus, tidak ada kata lain selain melenyapkan virusnya. Sayangnya hingga saat ini belum ada obat untuk itu mengatasi lendir.

Jadi cara yang terbaik untuk mengatasi lendir adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh si bayi. Caranya dengan meningkatkan asupan gizi, cukupi kebutuhan ASI-nya, beri banyak cairan, banyak-banyak istirahat. Selebihnya biarkan lendir yang bertugas membuang virus dan kotoran. Semoga bermanfaat!

Ref. :
  • http://9trendingtopic.blogspot.com
  • http://www.tabloid-nakita.com


About Rakyat Bugis

Media Online Terupdate, Terbaru hari ini dari peristiwa, kriminal, hukum, berita unik, Politik, Tradisi Suku Bugis, Adat Suku Bugis dan foto di Indonesia dan Internasional.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Tinggal Komentar